Tiket Kereta Jakarta-Jogja : Reservasi lewat Telpon

 

 

————————–

3 bulan terakhir ini saya acap mondar-mandir Jakarta-Jogja.

Perpindahan lokasi bekerja yang berbarengan dengan istri yang tengah hamil (waktu itu), membuat kami memutuskan untuk sementara tinggal terpisah. Saya di Jakarta dan Istri saya di Jogja.

 

Karena frekuensinya yang lumayan sering (2-3 minggu sekali), maka saya memilih kereta api sebagai moda transportasi untuk aktifitas mondar-mandir tersebut. Selain harganya yang lebih murah dibanding pesawat, jam keberangkatan, jam kedatangan dan lokasi stasiun-nya pun sangat pas buat saya.

 

Karena itulah, saya punya aktifitas baru: Memesan dan Membeli tiket kereta lewat telpon

 

Demikian ringkasannya: 

 

Telpon yang bisa dihubungi

Premium Call : 13897 (dari HP GSM saja)

Ato di (021) 23507000

 

Layanan ini bisa digunakan untuk memesan dan membeli tiket kereta api (sepertinya untuk kereta eksekutif saja) sejak H-30  dari tanggal keberangkatan.

 

Hal yang perlu dilakukan:

1.Tentukan nama kereta, hari, jam keberangkatan dan Siapkan nama dan alamat sesuai KTP juga nomor HP.

 

2.Menelpon ke nomor di atas. Harap dicatat, untuk premium call 13897, tarifnya cukup mahal.. nggak tau berapa persisnya.. tapi biasanya bisa habis sampai 25 ribu atau bahkan lebih, setiap kali reservasi.

 

3.Petugas akan mengecek ketersediaan tempat dan kemudian menanyakan detail reservasi.

 

4. Setelah OK,  Kita akan mendapat kode reservasi, kode inilah yang akan digunakan sebagai kode pembayaran. Oiya, akan dikenakan surcharge Rp. 7500 untuk setiap tiket yang dibeli melalui layanan ini. Juga, mereka akan mengirimkan ringkasan reservasi via SMS.

 

5. Pembayaran harus dilakukan via Bank Mandiri (bisa pake ATM ato e-banking). Dan jangan lupa, pembayaran harus dilakukan maksimal 3 jam dari saat reservasi. Kalo lewat dari 3 jam, reservasi menjadi hangus.

 

6. Setelah membayar, kita akan mendapat slip/bukti pembayaran.

 

7. Bukti pembayaran inilah yang harus ditukar dengan tiket. Untuk Jakarta, tiket bisa ditukarkan di loket 13 stasiun gambir, selambatnya 3 jam sebelum jam keberangkatan.

 

Buat saya, layanan ini cukup memudahkan..

karena saya nggak perlu mondar-mandir ke stasiun buat beli tiket..

 

 

 

 

note:

Oia, seprana-seprene naik kereta api, baru 2 bulan lalu saya tahu, bahwa di Gambir ada pul blue bird.. ;)

 

Sebagai tambahan, berikut ini saya cuplikkan cara pemesanan tiket kereta, yang diambil dari tautan ini: http://www.kereta-api.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=51&Itemid=59

 

 

Untuk KA Komersial ( Eksekutif dan Bisnis )
A. Penjualan dan pemesanan di Loket stasiun PT. KA.
  1. Penjualan melalui loket di stasiun dilayani atau dibuka mulai 3 (tiga) jam sebelum keberangkatan KA yang dimaksud.
  2. Untuk pemesanan tiket, dilayani mulai 30 hari sampai dengan 3 jam sebelum keberangkatan.
  3. Pembayaran tiket sesuai dengan tarif KA yang bersangkutan.
B. Pemesanan lewat Pusat Reservasi
  1. Pembelian atau pemesanan tiket KA dilayani mulai dari 30 hari sampai dengan jam sebelum keberangkatan KA yang dimaksud.
  2. Calon bisa datang langsung untuk memesan tiket dengan membayar sesuai tarif dan yang bersangkutan bisa langsung memperoleh tiket yang diinginkan.
C. Penjualan lewat Agen
  1. Penjualan lewat agen ini dilayani mulai dari 30 hari – 1 hari sebelum keberangkatan KA yang dimaksud
  2. Calon penumpang bisa datang langsung untuk membeli tiket dengan membayar sebesar tarif plus ekstra charge dan bisa langsung memperoleh tiket yang diinginkan.
  3. Penjualan lewat agen ini hanya melayani penjualan tiket KA untuk penumpang dewasa dan anak tanpa pelayanan reduksi.
D. Penjualan lewat Call Center
  1. Penjualan atau pemesanan melalui sistem ini dilakukan di Call Center KA melalui nomor panggilan 121 dan 021 – 21391121.
  2. Setelah itu penumpang akan mendapatkan kode booking / kode bayar yang selanjutnya penumpang dapat melakukan pembayaran lewat e-banking.
  3. Untuk saat ini bank yang bisa melayani adalah ATM Bank Mandiri, Bank BII, Bank BRI, Bank Pembangunan Daerah (BPD) Jawa Tengah dan OCBC NISP.
  4. Pembayaran dilakukan maksimal 3 (tiga) jam setelah mendapatkan kode booking.
  5. Resi pembayaran ATM kemudian ditukarkan ke loket penjualan di stasiun yang sudah online.
  6. Pemesanan tiket dianggap batal jika pembayaran melalui ATM tidak dilakukan dalam periode waktu 3 jam tersebut.
  7. Pemesanan tiket lewat Call Center ini dilayani mulai 30 hari sampai dengan 1 hari sebelum keberangkatan KA yang bersangkutan.
  8. Pemesanan tiket tersebut hanya untuk tiket dewasa dan anak tanpa pelayanan reduksi.
E. Penjualan lewat loket PT. POS
  1. Penjualan dengan sistem ini dilayani mulai 30 hari sampai dengan 2 hari sebelum keberangkatan KA yang bersangkutan.
  2. Pemesanan / penjualan dengan sistem ini dilayani di loket kantor Pos yang sudah online.
  3. Dalam pemesanan / penjualan tiket dengan sistem ini, calon penumpang bisa langsung membayar tiket KA sebesar tarif plus ekstra charge.
  4. Kemudian calon penumpang memperoleh resi atau bukti pembayaran yang oleh calon penumpang akan digunakan untuk menukarkan tiket di stasiun.
  5. Pada resi yang diberikan oleh PT. POS ini sudah ada informasi mengenai KA, tanggal keberangkatan, al dan tujuan, dan juga ada informasi kode booking / kode bayar yang akan dipakai stasiun untuk mencetak tiket.
  6. Pemesanan / pembelian tiket KA melalui sistem ini juga hanya melayani penumpang dewasa dan anak tanpa pelayanan reduksi.
 
Untuk KA Ekonomi :
A.
Pada prinsipnya penjualan tiket KA Ekonomi dilakukan secara langsung di loket stasiun sebelum keberangkatan KA yang bersangkutan
B.
Beberapa Daop tempat pemberangkatan awal KA melayani pemesanan tiket KA Ekonomi yang pelaksanaannya diatur sesuai kebijakan Daop masing-masing
C.
Untuk KA kelas Ekonomi yang sudah menggunakan tiket komputer baru 3 Daop, yaitu Daop 1 Jakarta, Daop 2 Bandung dan Daop 8 Surabaya ; itupun baru dari stasiun awal pemberangkatan KA

 

About these ads

5 comments so far

  1. hidayat mnbur on

    thanks infonya mas,..tak cobo pesen yo,..;p

  2. hidayat mnur on

    it’s usefull,..thanks,..sebenernya baru tau juga bln lalu,.dan baru coba kali ini,.thanks a lot

  3. pyoon on

    benar sekali. tarifnya mahal banget euy…

  4. Lee on

    Thnx bgt infone… Gajayana kok makin mahal ya..padahal interior+eksterior keretanya, secara kualitas jauuuh bgt dari Argo-Argo itu… :(

  5. ceritalilies on

    kapok, ndra nelpon yang premium.. bisa abis sampe 20-30 ribu sekali nelpon.
    sekarang punya telpon agen tiket yang bisa anter dengan tambahan charge 10 ribu sajah..

    Kapan kamu mau dipesankan tiket :)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: