Muntilan dan Saya (1)

Muntilan adalah sebuah kota kecil, kota kecamatan, yang terletak antara Magelang dan Jogjakarta. Lalu, apa hubungan saya dengan Muntilan? Mari kita simak satu persatu. (in sa’kelingane order)

1. Saya lahir di Muntilan.

2. Saya bersekolah di Muntilan. TK sampai SMA saya habiskan di kota ini. Lebih dahsyat lagi,  bahkan semua sekolah saya berada di jalan kartini. Kode posnya jelas sama : 56411.

3. Masih tentang sekolah: TK St. Theresia (83-85), SD Mater Dei (85-91), SMP Marganingsih (91-94) dan SMA Van Lith (94-97). Dari TK sampai SMP, semuanya yayasan Marsudirini, untuk SMA, yayasan Pangudi Luhur.

4. Muntilan ini kotanya lurus aja. Alias, yang ramai cuma jalan utamanya (jalan pemuda). Ada toko-toko favorit saya dimasa kecil, berada di jalan ini. Sebut saja: Laris Jaya: boleh jadi ini adalah toko swalayan pertama di Muntilan, disusul Toko Jago Baru.

5. Banyak makanan enak di Muntilan. Contoh: Ada sebuah ruas jalan, yang salah satu sisinya dipenuhi oleh pedagang makanan yang uenak dan tentu saja murah. Di jaman saya dulu, ada beberapa tempat makan ato produsen makanan yang masih menempel di ingatan saya: Moro Seneng (ini nama toko roti), Kue Pukis depan toko Aries (waktu itu harganya sepotong masih Rp. 75), Rumah Makan Tambakan (kami menyebutnya: ‘Bah Gethuk’), Bakso Manalagi (deket kantor pos), gorengan di pertigaan PMI, Bakmi Kim dyo (bakmi ini adalah legenda..), Soto Lezat, Soto Mbah Ngalim (yang ini masih famili dengan saya), Warung nasi Mbok Denok, dan tentu saja, Warung Nasi PARTOJAH.. (dibacanya :Partoyah).

6. Nah, untuk warung yang terakhir ini, tentu sangat spesial buat saya, karena Ibu sayalah yang mengelolanya.. ;) Melanjutkan kepiawaian memasak ala mendiang Mbah Partoyah..

7. Saudara-saudara saya banyak yang masih tinggal di Muntilan. Ada yang di Kadirojo, Sayangan, dan Kidul Pasar.

Ah, banyak lagi yang bisa saya ceritakan mengenai Muntilan. Saya akan lanjutkan di lain waktu..

About these ads

45 comments so far

  1. tenny on

    hai sesama orang Muntilan. salam kenal.maksih ya mnegingatkanku pada beberapa tmpt itu. Aku pengin ke Muntilan……

  2. wongmuntilan on

    Sekarang ditambah lagi dengan Bakmi Jawa Bu Sutinah di Karangwatu, dan bagi pecinta tongseng kambing bolehlah menyebut Muntilan sebagai surga! Mulai dari pagi hingga malam, secara bergantian penjual sate dan tongseng kambing meramaikan dunia perkulineran Muntilan, rata-rata mak nyuss dan sebagian besar di antara penjual sate dan tongseng masih memiliki hubungan kekerabatan.
    Bagi yang sedang berdiet, hati-hatilah bila memasuki kota Muntilan ^.^ V

  3. sera on

    jadi pengen balik k muntilan…..(kangen dot com)
    brari klo g salah situ adek kelas aku dunk…klo diurut2, aku lulus sma taon 96an…( tul kannn???), aku alumni tk thereseia,sd materdei, smp nyebrang k kanisius, sma lari k tarq magelang, kul makin lari k asmi santa maria jogja..( klo ini masih satu yayasan d ama materdei klo d salah..)

    salam aja d…terutama buat muntilan yang uda k tinggal dari taon 99…( meski tiap taon pulang juga sehh…hehehe….)

  4. FX Warsono on

    Mau tanya nih, kalau di Muntilan itu ada SMP Van lith ga ya? Yang model asrama gitu….
    Soalnya saya bolak-balik cari web nya kok ga ada.
    Infor doung.. thanks ya

  5. Lidya on

    SMP Van Lith ndak ada. Yang ada SMP Marganingsih bisa berasrama. Karena asramanya ndak wajib.
    Asrama Marganingsih menerima siswa dari SD Marsudirini (dulu SD Yoseph & SD Mater Dei), SMP Marganingsih , dan SMA Marsudirini (dulu SMA Pendowo yg dialihkelola oleh yayasan Marsudirini).

  6. curaciru on

    Waaah..Muntilan..kota kecil yang menyenangkan buat makan..

    He he he..Sesama alumni Mater Dei nih..

    Buat kasih kabar saja ..buat yang belum tau.. Suster Marietta sudah pindah ke semarang..karena usia Beliau..mungkin di Semarang..ada yang lebih merawat..

    Aduh..kangen pukis..( meskipun natal kemarin makan..he he he..)

  7. curaciru on

    muntilan memang selalu bikin kangen..

  8. sigit on

    saya alumnus SMK PANGDI LUHUR th 2000/2001, temen saya kok gak ada yangmuncul ya…..??????

  9. sigit on

    menurut saya muntilan adalah kota kecamatan paling ramai seindonesia kali.. he….he…he….saya tiap tahun harus pulang karena kangen dengan nasi goreng wetan pasar sing mak nyuues… &top markotop.

    • itunk on

      Yen aku kangen karo Brongkos lan Sambel goreng Mbak Denok.
      Ueeenake pol

  10. jundab on

    mantaaaaaaaaaaf deh buat kota muntilan pokoke mak nyos

  11. eko wijayanto on

    Muntilan, kota yang pernah kutinggali saat SMP (80-83). Menyenangkan, tentrem, banyak kenangan indah disana.

  12. Irish on

    Muntilan is full of memory.i stayed there when i still in primary school.now i’m graduate from junior high school in salatiga.i miss my ex school sd marsudirini and sd pl.tk pl too.i lived in semampir.if any friend that recognize me reply my coment in this site please.thank you

  13. ari 86 on

    muntilan………kota kecil tetapi mempunyai keanekaragaman yang mempunyai daya tarik tersendiri(adem,aman,tentram….pokoknya muntilanerz bgt)…..udah 22 tahun aku tinggal di muntilan ini…….dari 99-2009 ini SIRKUIT DADAKAN RSPD Masih ramai dijejali para pembalap-pembalap………..aplagi nongkrong di angkringan pak muh Depan Gemilang FM…..n Yang paling AWET “SOTO MAK TIE KAUMAN”……

  14. Frans on

    Wah jd ingat masa kecil. Saya jg lahir dan besar di muntilan sampai ahkirnya hrs menghilang dari peredaran di muntilan. Sekarang saya tinggal di bandung. Yah salam damai aja buat semua. So bt yang kenal saya apa kabar. Sd L, smk, stimkris, widya markonis.

    • itunk on

      Saya juga lahir dan gede di Muntilan, SD di Mandala sekarang namanya mungkin SDK Semampir dekat Kauman.
      Dulu tinggal di Benteng-Sleko dekat rumahnya Pak Tin, tukang sepatu muntilan.
      Sesama orang Muntilan, saya ucapkan salam kenal…..hijrah ke Metropolitan sejak 1989.

  15. Aryo on

    Wah..g nyangka wong Muntil akeh juga dDunia Maya ni hehehe
    Salam dari Angkatan Mater Dei lulusan 1993.
    Podo nangdi wae yo konco2 Skul kbeh

  16. Laras on

    ow.ow.opw
    q jg alumni marganingsih muntilan
    q dlu nak asrama…….
    wuih………ga terasa lok ternyata marga tuw mank ga bz q lupain……
    slalu ja truz kbayang msa2 q dlu wktu sih smp d situ
    kkkkkkkkkaaaaaaaanggggggggeeeeeeeennnnnnnnn………
    ga cm ma skul n asrma!!!!!!!!
    tp jg ma gru2 na n ma sr2 na…..
    miss u all………………

  17. Meilinda on

    saya mau tanya bagaimana dengan sma marsudirini yang ada di muntilan serta asramanya karena saya mau bersekolah disana saya berasal dari sumatera . Apa ada anak anak di luar Jawa yang bersekolah di sana ?

  18. indralogy on

    Halo Meilinda,

    Setau saya, ada juga siswa/i dari luar jawa yang bersekolah di SMA Marsudirini.

    Info lebih lanjut bisa didapat di sini:

    http://smamarsudirinimtl.blogspot.com/

  19. itunk on

    kangen karo brongkos lan sayur krecek Mbak Denok

  20. Sapto on

    Saya lahir di Tambakan Muntilan dan dulu juga pernah sekolah di Muntilan,di SD Latihan Pangudi Luhur, sayang cuma sampai kelas IV saja,jadi kenangan sama kota kelahiranku ini sangat sedikit, saya lalu pindah ke SD/SLTP/SLTA di Temanggung.Cuma sembilan tahun di Muntilan dan sembilan tahun di Temanggung,selanjutnya di Cirebon, Bandung, Bekasi, Jakarta dan Bogor.Kalau ketemu orang Muntilan di perantauan jadi kayak saudara. Saya pernah ketemu orang Tambakan, Ponalan, Wonolelo,Koplak,Jagalan,Beteng, Patosan,Tamanagung.Salah satu Bapak yang ketemu saya, tanya apa pernah makan di warung Partoyah… saya jawab pernah, karena salah satu anak/cucunya teman saya sekolah di Pangudi Luhur cuma nanamnya sudah lupa…Saya pernah jajan di warung soto pak Much Tambakan, kalau anda kesana tolong tanyain, sama Sapto masih ingat enggak dia he..he..cukup sekian.
    Salam untuk semua orang Muntilan dari saya.

  21. R.Hery Bimo W ( Didik) on

    kenalin ini anak jagalan,muntilan, putra bu her atau pak.prawoto muntilan, alumni sd latihan pangudi luhur dan smp negeri 1 muntilan, gimana teman teman semua keluarga selamat

  22. Yus on

    wah, kakak kelas saya nih yang punya blog.. Salam Mas Indra.. nice post..

  23. budi on

    seneng banget bisa baca artikel tentang muntilan bikin ingat masa sma, walau sebentar tapi terasa hangatnya. sayang sekarang udah jarang2 ke muntilan tapi kalau ada waktu aku pasti ke sana. sekarang aku tinggal di medan, setelah sebelumnya tinggal di jakarta dan bandung. mungkin di masa pensiun nanti baru ke muntilan

  24. Jojo on

    Saya lahir di Muntilan. Walau umur 15 tahun saya meninggalkan kota ini, saya cinta mati padanya. Saya pernah tinggal lama di Eropa dan Amerika. Namun kalau soal lidah, makanan Muntilan still the best. Warung2 di Sayangan, warung Bu Santi, Bakmi Kim Do, Soto Pak Much, Sate Bu Warti di Pasar Muntilan … adalah makanan favorit saya. Pulang dari LN dan menyempatkan diri ke Muntilan, semua makanan ini tak gilir nganti kepising. Hidup Muntilan. Saya selalu membayangkan surga penuh makanan enak seperti makanan Muntilan.

  25. Gun on

    salam kenal aku wong Gulon …. sekolah sd Pangudi luhur Muntilan, SMP Kanisius, STM Pangudi luhur kira2 20 thn yang lalu, seneng juga klo nostalgia ke masa lalu, klo pulang yang pertama pasti cari kuliner. Bravo Muntilan gan …

  26. Heru Subagyo on

    Saya lahir di Muntilan, tepatnya di Desa Bludru, Tamanagung, Muntillan, lulus SMPN 2 Muntilan tahun 1987 dan Lulus SMAN Kota Mungkid tahun 1990, saya sekarang tinggal di Bogor – Jakarta “Monggo sederek2 sedoyo, dukung kuliner Muntilan agar tetap jaya, penuh inovasi dan makin bervariasi”

  27. fauzan rhomadi on

    wah mas heru alumni SMPN 2 ya???
    aq sekarang sekolah di sana juga…tahun ini lulus…

  28. Arifin arda on

    saya arda,dulu sy sekolah d muntilan dr SD sampai SMA,tinggal d ngaglik kadirojo,,sy kuliah d jakarta Univ Borobudur.sy kangen muntilan,aplg kulinerya.Bakso pak No,kupat tahu sayangan….. memang muntilann tiada duaya mas !

  29. Widodo on

    Sy juga dr SMA Katolik Pendowo Muntilan lulus th 1975,Ingin nostalgia sama Temen lama, semoga nyangkut ya….posisi sy skrg di Cimahi, Bandung

    • yustin on

      saya juga asli Muntilan, TK theresia, SD Marsudirini, SMAK Pendowo lulus tahun 1977, jadi Bp Widodo kakak kelas (saya kels I dan anda kelas III), mungkin gak ingat ya, tapi pasti ingat Bp Suroso, P parno. Rencana angkatan 1977 III IPA akan reuni bulan Mei 2012. Tentang kuliner sejak kecil kami langganan makan di Partoyah juga masih ingat Partoginah dan satu lagi Partowiyah (kalau gak salah).

  30. i.wijayanti on

    aku masih saudara dengan yg menulis blog ini…he he he….

  31. Gertudis Rumanti on

    Wah cerita Muntilan tidak ada habisnya. Saya selalu dan selalu kangen Muntilan, aku asli muntilan, perbatasan muntilan dengan Yogyakarta yaitu paling ndesone Muntilan (Curah Sokorini) tiap minggu aku pulang nengok Ortu. SD ku SDK Sokorini dan SMP Putri Marganingsih yayasan Marsudirini. SMA saya masih di Marsudirini Santa Maria Yogyakarta dan melanjutkan di Undip Semarang. aku kangen banget dengan teman-teman Marganingsih, tapi tak cari-cari blm ketemu teman2 angkatanku. online dong. Makanan yang aku suka banget yaitu Slondok jowo maupun atom, potil, sayur (jangan wader pedes) nyussssssssss, bakmi pak Sukis, wah hampir semua saya seneng makanan muntilan. dulu ada toko jago yang pepak sekali, segala kebutuhan sekolah ada disana. aku lulus sekitar tg 1977, makasih perhatian temen2 semua. sampai jumpa, Tuhan memberkati

  32. Sugeng Widodo on

    Wah kumpulan orang muntilan ya.., mana ya.. yg jebolan sd MANDOLO, katanya dah ganti nama ya…., aku lahir di muntilan, dl tinggal di balemulyo (koplak lor kl ga salah), meninggalkan muntilan th 1972 (dah tua ya..). th 1992 saat kuliah di jogya coba mampir ke muntilan, Wah… pangling…dah berobah semua…dah ga ada sawah …..

  33. eko saputra on

    banyak kenangan indah di muntilan….i love muntilan pokokeeeee…..ne pas plg rasa e pengen dsn trs….hehehe…ak lahir d mtl.dr tk ke smp dsn…smk dmgl…stlh menikah taun 2009,,ak tgl d smg…banyumanik…tiap ad waktu plg kmtl tengok mbah putri di karangwatu..mbah sri wahaji…hihihi,,,nenek ku tersayang…

  34. budi429 on

    aku cah ngluwar sekolah dimuntilan sedikit tau tentang muntilan, kota pertama yang aku kenal sebelum tau Jakarta, Bandung , Bogor , Makasar dan sekarang menetap di Kota Medan kangen juga karo muntilan apalagi ngluwar desa kecil tempat aku dilahirkan juga dibesarkan. saatnya pensiun nanti ku kan pulang.

  35. aris on

    aku mbiyen wong koplak lor, sd mandolo, smp kanisius, sma ponggol trus pindah ngayogyokarto hadiningrat kuliah nend uny, aku kangen kupat tahune sayangan muntilan…halo togen, ajik, woko..piye kabare

    • febri on

      aris sp yo/

  36. ZIEDS on

    NDEREK-NIMBRUNG.COM………. KULO UGI SAKING MUNTILAN.. ALUMNI SMPN2 MUNTILAN ANGK. 89.. SMAN BLABAK (PONGGOL) ANGK,92…. MUNTILAN POKOK’E JOZ GANDOZ……… NGANGENI………..

  37. kakang kawah on

    muntilan?
    aku rindu

  38. pieterssoeratno on

    lovely small town

  39. Adriana (Anna) on

    E, apa khabar? kalau pulang Muntilan sing aku tujuh ya ketupat tahu muntilan dan cap cae Yanti wetan pasar.

  40. Adriana (Anna) on

    O iya kenalin aku Anna aku SD Pangudi Luhur, SMP-ne SMA Kanisius terus SMA-ne SMA Pendowo sing sak iki dadi Marsudirini.

  41. eri on

    aku dl pernah tinggal di muntilan daerah jagalan,tahun 1972-1973 an sekitar 2 tahun,masih TK sekolah jauh banget bayangke jalan kaki lewat kali lamat,koplak lor tembus RSU,masih naik lagi ada gereja, disitu ada TK cm aku lupa nama sekolahnya,nah disitu aku sekolah bugurunya namanya ibu Rus,aku klo panggil bu lus krn blom bisa ngomong r, temen yang paling kuingat namanya fang-fang si tukang ngebrok di kelas, kangeeen banget,pengin napak tilas klo pas ke jogja


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: