Menyampaikan yang ingin disampaikan

Tengah  pekan kemarin, saya diundang untuk bertemu dengan 3 orang dalam sebuah tanya jawab.  Ketiga orang tersebut mewakili sebuah organisasi,  sebut saja organisasi XYZ. Mereka terdiri dari 2 ekspatriat dan 1 orang indonesia.  Mereka ingin ngobrol dengan saya (dan juga 4 orang lain yang juga diundang) mengenai beberapa hal. Dengar-dengar, mereka mungkin akan  memberi saya suatu “hadiah”, kalo saya “berhasil” dalam kompetisi itu. 

Ada 5 orang yang diajak bertemu. 2 orang dari kelompok A dan 3 orang dari kelompok non A. Kemudian, akan dipilih 2 atau 3 orang untuk mendapat hadiah. 1 orang dari kelompok A dan 1 atau 2 orang dari kelompok Non A. Saya termasuk dalam kelompok non A. 

Hari yang dinanti pun  tiba, saya datang di tempat yang ditentukan, 15 menit sebelum waktu yang ditentukan. Saya sedikit kaget, karena dari 3 orang kelompok non A yang dipanggil, ada 1 orang,  yang saya kenal, yang bekerja di organisasi XYZ itu, ikut dalam kompetisi itu. Agak janggal rasanya, kompetisi yang ditujukan untuk orang di luar organisasi XYZ, ternyata juga diikuti oleh orang yang bekerja di XYZ…  

Segera setelah pertemuan itu berakhir, mereka mengumumkan, bahwa saya tidak mendapat hadiah itu. Mereka memilih untuk memberi hadiah itu pada 1 orang dari kelompok A & 1 hadiah lagi  (kebetulan?) diberikan pada yang bekerja di organisasi XYZ itu. 

Sepulangnya saya dari acara itu, saya mendapat banyak pertanyaan dari teman-teman yang sangat ingin tahu tentang hasil kompetisi itu. Ketika saya menceritakan apa yang terjadi, mereka rata-rata menunjukkan ketidaksetujuan.. terutama dengan “persaingan kurang fair” yang sudah terjadi. 

Setelah saya pikirkan semalam suntuk *berlebihan*… saya memutuskan untuk menulis sebuah email yang (secara implisit) berisi ketidakpuasan saya. Email tersebut saya kirimkan kepada 3 orang yang mengundang saya itu.. 

Berikut petikannya, (saya tulis dalam bahasa prancis, bahasa yang digunakan dalam acara tanya jawab itu..) 

“… Je suis très d’accord  que tous les étudiants avoir la même droits pour rivaliser dans le concour. Aussi, les process de sélection déjà été faits, dans une façon juste et objective. Mais, cette sorte de concurrence (melangé étudiants normal et l’étudiant plus) , cependant, pourrait attirer quelques questions, enquêtes et (peut-être) douter sur la justice et l’objectivité de concour,  par les candidats et d’autre étudiants d’XYZ.. “ 

ssst.. saya menulis itu dengan bantuan sebuah online dictionary.. 😉

Saya mengirimkan surat itu hari sabtu yang lalu. Sampai sekarang saya belum mendapat balasan. Mungkin mereka tidak akan membalas. Tidak apa.

 

Yang penting bagi saya, saya sudah menyampaikan apa yang ingin saya sampaikan, secara tertulis.    

2 comments so far

  1. Detektif on

    apakah inisial organisasi tersebut adalah LF?

  2. indralogy on

    hampir tepat sodara detektif..
    satu dari dua huruf yang saudara ajukan adalah benar.
    tapi, saya tidak ingin memperpanjang polemik.

    kasus ini saya tutup.


Leave a Reply

