Pepes Ikan Patin – Kebun Sayur Balikpapan

Udara Balikpapan agak mendung. Dari semalam hujan. Pas berangkat ke kantorpun, saya harus memakai jas hujan + sandal jepit.

Siang ini, saya mendapat undangan makan siang ulang tahun seorang teman. Tempatnya di warung ikan bakar di daerah pasar kebun sayur.

Selain dagangan ‘standar’, di pasar kebun sayur juga banyak dijual batu-batu khas Kalimantan, baik yang masih berupa batu ataupun yang sudah menjadi perhiasan. Inilah kenapa, pasar kebun sayur selalu jadi tujuan wisata utama bila berkunjung ke balikpapan, terutama untuk para Ibu dan wanita pecinta pernik-pernik. Juga bagi para Bapak yang ingin membelikan oleh2.

Sebenarnya ada beberapa warung ikan bakar di kebun sayur, tapi tadi kami memilih untuk makan di warung yang letaknya pas di samping “hook”.

Warung ini tidak terlalu besar, ukurannya mungkin sekitar 6 x 6 meter. Seperti biasa, ada meja dan sekitar 30 kursi yang hampir semuanya terisi. Maklum, jam makan siang. Di depan pintu masuk warung, ada bapak pengamen setengah baya yang sedang memainkan kompilasi lagu evergreen dan lagu2 pop terbaru, dengan gitar dan harmonika-nya.

Saya memesan menu “pepes ikan patin” dan sebotol air mineral. Saya sering mendengar kemashyuran pepes ini, tapi saya jarang (atau belum pernah?) memakannya. Beberapa teman ada yang memesan pepes patin, ada juga yang memesan ikan bakar ataupun ayam bakar.

Tidak lama, mas-mas datang membawa mangkuk kecil berisi sup. Rupanya, inilah appetizernya. Kemudian, dia datang lagi membawa pesanan minuman kami, plus se-bakul kecil nasi. Sekitar 5 menit sesudahnya, mas-nya pun datang membawa pepes patin pesanan saya. pepes patin

Porsinya terbilang besar. Lazimnya pepes ikan, Ikannya terbungkus dalam balutan daun. Ikannya seger, bumbunya pun merasuk dengan sangat baik. Mantaplah pokoknya… Harga? Mmm..no info. Karena ditraktir.. 😉

Terimakasih buat Mbak Rani.. Selamat Ulang Tahun!

Catatan:

1. Sebaiknya makan disitu ketika cuaca mendung. Kalau cuaca pas panas, sepertinya akan kurang nyaman.

2. Setelah makan disitu, pasti baju anda akan berbau asap…

6 comments so far

  1. arief on

    Lain kali silakan mencoba pepes ikan patin di “Depot Sekawan”, Jl. S. Parman 09 – Gn. Guntur – Balikpapan (telp. 0542-7123458).

  2. Wildan on

    mmm…gue pernah di bawa oleh teman yang tinggal di Balikpapan untuk nyobain pepes patin, tapi bukan di kebun sayur..bukan kawasan pasar…letaknya juga di hook, tapi lupa nama warung makan dan kawasannya…
    Dan menurut teman gue, tempat tersebut adalah salah satu tempat yang paling enak pepes patinnya di BPN…di tambah dengan terong bakarnya…nyam..nyam..

  3. liana on

    mau coba pepes ikan patin yang bener2 enak di Balikpapan (itu menurut anggota keluarga besar gue sih) letaknya di jalan gunung malang berseberang dengan rumah makan Bondi
    kalo takut nyasar dari rumah makan Bondi liat aja keseberang jalan agak maju dikit kali ya nah ada tuh rumah makan yang lumayan gedean kalo kita orang bilang sih rumah makan kebun sayur cm letaknya buka di kebun sayur tapi di jl gunung malang. boleh juga tuh nyobain cumi2 goreng tepungnya gurih deh. ngak nyesel deh kayanya.

    • yudhi bj on

      di gunung sahari tepatnya..namanya teluk bayur..cobain ikan bakar baronang nya…weleh,,weleh..top banget

      • jirolupatmo on

        bukan gunung sahari, Mas, tapi Gunung Sari. Nama jalannya juga bukan Jl Gunung Malang (di gunung malang yang enak pecel madiun), tapi Jl Achmad Yani. betul, namanya Teluk Bayur..
        soal ikan bakar: jagoan saya tetap ikan bakar warung banjar (tanpa nama) di gang sebelah kantor pos, persis di pojokan Asrama Sudriman. Coba ikan bakar Trakulu… benar-benar terlalu… (enak)

  4. mevi on

    saya jg termasuk pecinta pepes patin dan memang pepes patin yg di kebun sayur tuh ueenaaak tueenan… ditambah sambalnya mantap jadinya maknyus deh he…..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: