Warung Makan Tante Prapatan – Balikpapan

Saya menyebutnya Warung makan tante Prapatan.

Kenapa? Karena warung ini tidak punya nama khusus, warung ini dikelola oleh sepasang tante dan om, dan kebetulan warung makan ini terletak di kawasan Prapatan, Balikpapan 

Prapatan (dalam bahasa indonesia : simpang empat) yang sedang  saya bicarakan sekarang sebenarnya adalah sebuah simpang empat kecil. Panjang jalan yang dipadati oleh keramaian orangpun tidak lebih dari 100 meter. Walaupun tidak terlalu besar, kawasan ini, kalau malam hari, ramainya mirip sekali dengan keramaian kota-kota kecil di Jawa, misalnya: Muntilan di jawa tengah ataupun Godean di Jogjakarta.   

Kawasan ini sangat lengkap. Disini ada tukang sate, martabak, es campur, toko kelontong, air isi ulang, toko HP, penjual donat, tahu campur, bakso, bengkel, tambal ban, toko material, roti bakar bandung, jual buah, bakmi dan chinese food, apotek, toko jamu, toko furnitur…

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengenai Warung Tante,

 edu + miTempat makan yang satu inilah yang pantas dijadikan kambing hitam atas kelebihan berat badan yang saya derita.😉 Menu-menu racikan tangan ajaib si Tante itulah yang membuat saya selalu tergoda untuk selalu mengulangi “mari makan malam sekarang, karena diet baru dimulai besok pagi”.

Bagaimana tidak, Saus fuyung hai-nya mantap, ayam kecap n ayam pedesnya nggak ada yang ngalahin di balikpapan.. mi siramnya juga…hmmm…

 

 

Si tante ini memang diberkati Tuhan dengan talenta memasak yang luar biasa. Tante (berdua dengan Om) memanfaatkan bagian depan rumahnya untuk membuka warung kecil yang bisa dibilang, nggak pernah sepi. 

Harga makanan juga sangat bersahabat, sekitar 8 ribu – 12 ribu per porsi. Parkir gratis. Minuman yang disediakan, teh saja. Teh manis, teh tawar, es teh manis dan es teh tawar. 

Tiap hari minggu dan hari libur, tante libur. Hari biasapun, kalo tante pas lagi ada acara, warungpun terpaksa harus ditutup.

 

Oia, tambahan informasi. Tante ini punya anak kembar. Perempuan. Salah satunya baru saja menikah, sekitar 2 atau 3 bulan lalu. Kebetulan, dia menikah dengan Kevin, adik kelas saya di SMU dulu. Padahal SMU saya dulu terletak di sebuah kota kecamatan di Jawa tengah. Sempitnya dunia..

 

 

ps. Foto diatas BUKAN foto masakan tante. Foto diatas adalah foto mi ujungpandang, dekat mal fantasi Balikpapan. Model: Edu Sibarani. 

10 comments so far

  1. rusmansyah on

    wah,nyaman banarlah,saya asli anak perapatan,
    sekarang di semarang……….
    saat saya di balikpapan dulu,jarang yang jualan seperti sekarang ini..
    salut,oke maju terus perapatan saya,bangga setelah melihat situs ini di internet….

    salam,

    rusmansyah..

  2. zainul on

    aku senang dengar warong tante diPrapatan balikpapan dan aku coba cari dimana situsnya. n aku selama ini ingin coba makanannya enakngak, itu jadi kebanggaan bagi kata balikpapan , karena ngak sembarang warung punya situs

    senang
    by zainal
    balikpapan sembrang

  3. Puguh on

    wah, mau coba tuh saya….
    di bandung ada g?
    buka cabang d sini donk.

  4. coni on

    salam kenal yah, lagi kangen sama warung tegal Indonesia, saya google search sampai ke blog ini.

  5. Alfa on

    Wah, warung tante yah…
    Jadi inget sama anaknya..
    Gimana yah kabar anak perempuannya yg satunya…?
    Jadi inget masa lalu gue sama…

  6. ..dHEe.. on

    wah…diMana tuh ya?
    ak tiap minggu LeWat pRapataN…kok ka9ak tau yaa…
    hMmmm…
    hehe…maen nyRocos aje.saLam keNaL boS! ^.^

  7. edu on

    wah, baru baca nih posting di blogmu ndra..
    aku malah belum tau ndra ada warung makan tante prapatan ini.
    yang disebelah mana toh? jaman aku masih disana blum ada toh?

    thanks buat masukin foto yang ada gw-nya disitu..
    mbok dipilih akunya yang ganteng dikit napa…:(

  8. Anton on

    Halo, aku juga belum kesampaian. Karena kalau ke bpn minggu, jd pasti tutup. Namanya tante steim. Istriku sering cerita, kalau makanannya enak, n tantenya baek banget. Masakannya menado, menu andalannya cakalang suir, sayur bunga pepaya, ayam rica2.
    Aduh jadi ngeces. Tp yg lain juga enak katanya.

  9. firman sembiring on

    Keren abizzz…, tahun 1989 saya pergi tinggal kan balikpapan untuk sekolah di Malang-Jatim. Yang saya tahu di tahun itu ngak ada kuliner seperti tante-om ini. Ada juga depot tante – Om Rumondor depan greja katolik prapatan, sama nasi goreng karim di depan RS tentara. Sudah hampir 10 tahun saya belum mudik ke bravo karna tugas di luar negeri.Nanti bulan Juli 2010 saya baru dapat cuti. Prapatan itu luas Dra.. kasih ancar2 nya dong. Yang saya tahu prapatan itu mulai dari rumah dinas kasdam VI TP sampai ke greja katolik terus dikit itu wilayahnya. he.. he.. he,,,, sok tau ya….

  10. LisaK on

    wah aku tau ini warung yang dimaksud, kebetulan warungnya masih tetanggan sama rumah saya


Leave a Reply

