Keluarga Berencana

Saya lahir dalam sebuah keluarga berencana.

Maksudnya, orang tua saya hanya punya 2 anak, yaitu kakak perempuan saya, dan saya. 

Bukan Cuma itu, Ibu saya juga memenuhi anjuran yang sering dibicarakan dalam penyuluhan KB:  20-2-3-30.  

20         : Usia paling dini untuk hamil

2          : Jumlah anak maksimal 2

3          : Jarak antara anak pertama dan kedua adalah sekitar 3 tahun

30         : Usia paling tua untuk hamil 

kbIbu saya melahirkan kakak saya ketika usia beliau belum genap 23 tahun. Kemudian, beliau melahirkan saya ketika usia beliau menjelang 25 tahun. 

Memiliki keluarga kecil, buat saya, memang lebih banyak manfaatnya dibandingkan mudharatnya. Hal yang paling nyata adalah, dengan jumlah anak yang ‘cuma’ 2, Orang tuapun tak terlalu terbebani dengan biaya pendidikan anak-anak.  

Yang lebih menyenangkan lagi, karena saya dan kakak saya dilahirkan ketika orangtua kami masih 20tahunan, Ketika kami sudah selesai sekolah, orangtua kamipun masih dalam usia produktif. 

Gerakan KB memang tidak dikampanyekan semeriah dulu di masa orde baru.  Tapi tampaknya orang jaman sekarang semakin sadar, betapa mahalnya konsekuensi memiliki banyak anak. Yang paling nyata mahalnya, tentu saja adalah biaya pendidikan.  

Tidak usah jauh-jauh, 6 tahun yang lalu, saya menyelesaikan kuliah saya di sebuah PTN.

Hitung punya hitung, biaya kuliah yang saya bayarkan kepada kampus saya, tidak lebih dari 2.5 juta rupiah (untuk 8 semester plus 3 kali semester “pendek”). Bandingkan saja dengan sekarang. Untuk kuliah di PTN yang sama, dengan jurusan yang sama, rata-rata tiap mahasiswa akan menghabiskan setidaknya 25 juta rupiah (sepuluh kali lipat lebih mahal) atau bahkan lebih. 

Intinya, mari merencanakan baik-baik nasib keluarga kita  masing-masing.  

Berapapun jumlah anak anda, kecuali anda memiliki orangtua / mertua yang  maha-kaya-raya, segera sisihkan sebagian pendapatan untuk tabungan pendidikan dan asuransi kesehatan.

2 comments so far

  1. brigita on

    Setuju Mas, ini Indra Total bukan..? Salam buat Erlin ya

  2. indralogy on

    Betul Mbak, Ini Indra Total.. Salam balik dari Erlin.. Salam juga buat Mas Yulius..😉


Leave a Reply

