Sayur dan Jus Apel

Sejak kecil, saya tidak suka dengan buah dan sayuran. 

Bahkan, kata Ibu saya, sejak belum genap setahun, saya selalu menolak buah dan sayur yang diberikan kepada saya. Sebaliknya, saya sangat doyan susu, telur, tempe, tahu dan tentu saja, bakwan jagung kesukaan saya..😉

Ketika SD, Ibu saya sempat “memaksa” saya untuk doyan sayur, tapi, karena pada dasarnya saya agak “ngeyelan”,  beliaupun tidak berhasil membuat saya doyan sayur..🙂  

Sejak Kuliah, saya mulai doyan buah. Itupun terbatas pada: melon, semangka dan nanas. Bersamaan dengan itu, saya juga mulai doyan sayur. Walaupun terbatas pada sayuran ‘ringan’ semacam bayam, sayur2 yang ada di sup (wortel,dll). 

Berhubung saya sudah bersusah payah memaksa diri untuk mau makan sayur, saya harus yakin, kalo sayuran yang saya makan adalah benar-benar sayuran yang berguna untuk tubuh saya. 

Ketika bekerja di Jakarta, saya tinggal di sebuah kost di Karet Belakang (Karbela), dekat dengan kantor saya di Kuningan. Selama bekerja di Jakarta, saya meniatkan diri untuk tidak makan segala macam daging.Tapi saya tetap makan telur, susu dan ikan. Efeknya ternyata lumayan, paling tidak, tubuh jadi terasa lebih ‘ringan’.. 

Ketika pindah ke Balikpapan, saya menghentikan kebiasaan saya selama di Jakarta. Saya kembali makan seperti biasa. 

Sekitar 3 atau 4 tahun yang lalu, berawal dari “situasi perut yang semakin mengkhawatirkan”, saya mulai merintis kebiasaan baru:  Minum Jus Apel di malam hari. Harap dicatat, jus apel ini bukan pengganti makan malam buat saya..😉 

apelJus Apel ini saya buat dari 1 atau 2 butir apel RRC/Fuji  (Jenis apel yang kulitnya tipis, berwarna kuning kemerahan), ditambah dengan air secukupnya dan tanpa gula. 

 

Kebiasaan minum jus ini, paling tidak, membuat (maaf) Buang Air Besar lebih lancar.

Menyenangkan. 

1 comment so far

  1. Detektif on

    Pantas kamu terlihat lebih ndut sekarang mas…


Leave a Reply

