Berbeda Pendapat dan Energi Positif

Akhir-akhir ini, inbox email saya terlihat agak berbeda.

Muncul email-email dari teman-teman lama (dan beberapa teman baru). Isi email mereka punya kesamaan isi: mengomentari posting saya di bulan Desember. 

Bulan ini, saya memang memunculkan 1 kategori baru di indralogy. Kategori itu saya namai : kutipan pilihan. Tak dinyana, kategori baru ini berhasil merangsang para teman untuk berkomentar. 

Jenis komentarnya beragam, beberapa diantaranya: 

1. Ada yang cuma bilang setuju. Tanpa ba bi bu. Habis itu, ngomongin hal lain.

2. Ada yang  bernuansa nostalgic: “.. ndra, gw jadi inget pas kejadian itu, dst.. dst..”

3. Ada yang merasa disindir: “..heh, lo nyindir gw yak?..”  Dst..dst..

4. Ada yang nggak setuju, trus malah ngajakin chatting sampai 3 jam buat membahas si kutipan.. dll. 

—————–

Ada beberapa hal yang menurut saya mesti dicatat, terutama untuk teman-teman yang “kurang setuju” dengan kutipan-kutipan yang saya tulis di indralogy ini. 

Untuk teman-teman yang kurang/nggak setuju, inilah pendapat saya:  Kutipan-kutipan yang saya tulis di indralogy ini bisa didekati dari berbagai sudut, dengan beragam penekanan, konteks yang bervariasi dan akhirnya beragam (pula) kesimpulan(nya).  

Ketika pilihan itu yang diambil, pastilah kesimpulan akhirnya tidak selalu sama. Dan untuk ketidaksamaan kesimpulan itu, bukankah itu hal yang lumrah?  

Bagaimanapun, saya juga mohon maaf, kalau melalui posting saya di indralogy, kadang saya terlihat seperti sedang memaksakan pendapat saya, menyindir atau (bahkan) menyerang.  Sungguh, saya tidak bermaksud demikian. 

On top of that, saya bahagia sekali, karena semua teman-teman (baik yang kebetulan berpendapat sama dengan saya, ataupun yang berbeda) telah mengkomunikasikan pendapatnya kepada saya dengan cara yang sangat positif, jauh dari gaya apriori, menghakimi ataupun menang sendiri. Terimakasih banyak. 

Karena gaya postif mereka jugalah,  saya jadi mendapat berkat-energi-positif dari mereka.

Mudah-mudahan bisa terus begitu.

2 comments so far

  1. si antagonis on

    Om, gw msh gak trima.. wkwkwkwk..😉

    *kekeuhdenganpendapatgwsndiri*

  2. indralogy on

    ya ampvun.. susah ngomong sama ente..
    aku ngomong a, kamu nangkepnya b.. pusing ah..😦

    eh, jadi nitip gak?

    *tetepbaikhatiwalopunpusing*


Leave a Reply

