Jangan Asal Bicara

Saya tidak ingat persis, sejak kapan saya mulai ‘criwis’ alias suka ngomong.

Perilaku suka ngomong ini, bahkan pernah beberapa kali membuat saya menuai kritikan dari orang-orang di sekitar saya. Ketika SMA, seorang sahabat memperingatkan saya, “Ndra, kamu kalo ngomong ati-ati, kalo nggak ati-ati, ntar orang-orang jadi sakit hati.. “

Waktu itu saya kurang begitu ‘ngeh’ dengan komentar sahabat saya itu.. dan sayapun tetap criwis..

Lambat laun, banyak peristiwa yang membuat saya sedikit demi sedikit menjadi sadar, bahwa terkadang ucapan/tulisan bisa sangat melukai hati orang lain, walaupun si pengucap/penulis tidak menyadarinya..

Kadang, sang pengucap/penulis cuma sekedar ingin mengungkapkan apa yang ada di hati dan kepalanya.. dan tak jarang, yang keluar adalah ucapan/tulisan yang begitu sinis dan pedas, yang bisa membuat hati orang lain menjadi ‘terluka’..

Hal itulah yang ingin saya coba hindari.

Intinya, bilamana ada ucapan, tulisan atau tindakan saya yang membuat sakit hati, mohon dimaafkan, dan jangan segan untuk menegur saya, bilamana hal itu terjadi..

No comments yet

Leave a Reply

