Walk To Work

Beberapa waktu terakhir, gerakan bersepeda ke kantor (Bike to work – B2W) semakin banyak peminatnya.

Tak cuma di Jakarta, tapi juga di kota-kota lain. Para peminat B2W ini akan menggunakan sepeda untuk berangkat menuju kantor/tempat kerjanya. Setelah sampai di kantor, mereka akan mandi di kantor dan siap bekerja dengan segar.

Sejak saya tinggal di jakarta (lagi), saya selalu berjalan kaki dari tempat tinggal saya menuju ke kantor, ato, tak mau kalah dengan B2W, sebut saja ini adalah aktifitas Walk to Work (W2W) ..😉

Memang, jarak yang saya tempuh tidaklah sedahsyat para penganut B2W. Pun, Saya sengaja memilih tempat tinggal yang (relatif) dekat dengan kantor, sehingga aktifitas W2W ini menjadi tidak terlalu berat untuk dilakukan.

Berikut cerita lebih detailnya. Sebelumnya mohon maaf, karena mungkin bagi yang tidak familiar dengan lokasinya, agak sulit untuk membayangkan, terutama mengenai jaraknya…

Sebulan pertama di Jakarta, saya mendapat jatah untuk tinggal di kompleks apartemen taman rasuna, tepatnya di Aston Rasuna. Dari situ, saya akan berjalan sekitar 12 menit menuju kantor, dengan kecepatan yang cukup tinggi. Yaitu: 6 menit dari Aston ke Pasar Festival, dan 6 menit dari pasar Festival ke Plaza Kuningan (Lokasi kantor saya). Demikian pula dengan pulangnya, saya akan menempuh jarak yang sama, dengan durasi yang relatif sama.

3 Minggu pertama, kaki kanan saya akan terasa amat sakit, ketika saya sudah berjalan sekitar 8 menit. Kalo sakit sudah menyerang, maka sayapun terpaksa berhenti sejenak, untuk kemudian meneruskan perjalanan sambil sedikit terpincang-pincang.. Mungkin karena saya belum terbiasa berjalan cepat dan jauh.. otot kakipun menjadi “kaget”.

Di bulan kedua, jatah apartemen saya berakhir, dan sayapun “turun kasta” dengan tinggal di kost.. :)) Saya memilih untuk kost di seberang kantor. Tepatnya di daerah Komando, Karbela (Karet Belakang).

Dari kost, saya harus menempuh 15-16 menit untuk sampai ke kantor. Lebih jauh dari sebelumnya.

Awalnya, jarak ini terasa begitu berat, dan kaki sayapun tetap sering terasa sakit. Di hari-hari pertama, Saya bahkan sempat berfikir untuk membeli sepeda, supaya tidak perlu berjalan kaki.

Lambat laun, kaki saya mulai beradaptasi. Tidak ada lagi rasa sakit. Bahkan, saya sangat menikmati perjalanan W2W saya ini, sebagai pengganti aktifitas olahraga yang amat sangat jarang saya lakukan.. hehe..

Saya juga merasa, ketika sampai di kantor saya memang sedikit lebih berkeringat, tapi menjadi lebih segar, dan spertinya dapat mengurangi kecenderungan perut saya untuk (semakin) membuncit.. spertinya..😉

Oya, dengan W2W, saya juga menghemat biaya karena saya tidak pernah naik ojek (walopun jadinya saya harus sering menggelengkan kepala ketika tukang ojek menawarkan jasanya..) Keuntungan lain dari W2W, saya merasa punya waktu extra untuk berfikir, ngobrol dengan diri sendiri, ketika saya berjalan.. hehe

Jadi, kalau jarak rumah/kost ke kantor masih cukup masuk akal, kenapa tidak mencoba Walk to Work?

 

 

 

 

ps. sekedar info, semalam, seusai bertemu dengan seorang teman lama di Grand Indonesia, karena cukup susah mencari taksi, saya iseng-iseng meniatkan diri untuk jalan kaki sampai kost.. Rutenya Dari Thamrin, menyusuri sudirman, sampai WTC/Sampoerna Strategic, masuk ke Bek murad, trus ke Karbela..

Waktu yang dibutuhkan, sekitar 45-50 menit. Cukup membuat berkeringat.. ;)) Tentu saja hal ini hanya mungkin saya lakukan di malam hari..

4 comments so far

  1. Arief Sunjaya on

    Setelah membaca blog anda tentang walk2work, seru juga hal, ini juga saya lakukan setiap hari, bagaimana kalau membangun suatu komunitas walk2work?, di uk sudah ada web nya

    http://www.walkingworks.org.uk

  2. ramadhan on

    dulu waktu kita smp itu dah terjadi…tp skrg saya mau mulai lg…jarak antara kntr dengan rumah sekitar 10 km..mgkin bisa ditempuh dengan waktu 2 jaman…..

  3. imel on

    Wow…saya pikir cuma segelintir org yg spt saya,nyari kost yg bisa ditempuh dngan jalan kaki 10-15mnt.. Great job pak jalan dr GI ke komando,seru jg tuh,tp kalo wnita hrs ekstra hati2..🙂 (nice story,pdhl lg googling info kos di komando,nemu blog bpk)🙂

  4. ♕ Della Utomo (@issadella) on

    kalo di jakarta sudah ada blm ya om wadah komunitas walk to work itu sendiri ?


Leave a Reply

