Reward & Responsibility

Beberapa peristiwa yang saya alami menunjukkan bahwa: 

semakin besar reward, akan semakin besar pula responsibility-nya

Pernikahan dan memiliki anak adalah 2 contoh diantaranya.

Bagi saya, bisa menikah dengan seorang yang sungguh saya cintai adalah salah satu reward terbesar yang pernah saya dapatkan dalam hidup saya.

Dan, reward yang besar itu membuat saya punya responsibility yang tak kalah besar, untuk konsisten mencintai dan untuk selalu setia.

Begitu juga dengan memiliki anak.

Sampai saat ini, saya (dan istri saya) masih sering amazed, melihat kami dianugerahi seorang anak yang sungguh lucu dan menggemaskan. Kami masih sering saling memandang dan berkata “kok isa ya?” sambil terkagum-kagum dengan reward besar yang sudah kami dapatkan itu.

Dan, tentu saja, reward yang besar ini juga menghasilkan konsekuensi responsibility yang tak kalah besar. Konsisten mencintai, mempersiapkan biaya pendidikannya dan banyak lagi.

Ada banyak lagi reward-reward yang pernah saya dan anda dapatkan sepanjang hidup. Reward tersebut jelas harus disyukuri. Namun jangan lupakan responsibility yang harus kita lakukan sebagai “akibat” dari reward itu.

Akhirnya, Selamat menikmati Reward dan menunaikan Responsibility.

No comments yet

Leave a Reply

