Kemewahan adalah: belajar dari pengalaman orang lain

Ada pepatah mengatakan: pengalaman adalah guru yang paling berharga. Buat saya, pepatah ini benar. Pengalaman, adalah hal yang mewah. Banyak hal yang yang bisa lebih “merasuk” ke dalam diri, bila dialami, bukan sekedar dipelajari, dibaca atau didengarkan saja.

Saya merasa mendapat kemewahan yang lebih lagi, bila ternyata saya bisa belajar dari pengalaman orang lain. Bagaimana tidak, saya bisa belajar, tanpa harus kawatir terkena resiko, akibat, kesusahan, pengorbanan, yang kadang harus “dibayar” untuk sebuah pelajaran.

Contohnya apa?

Suatu hari, di sebuah akhir pekan, ketika saya masih SMA, saya menginap di rumah seorang teman. Hampir tengah malam, tiba-tiba ayah teman saya terkena serangan jantung. Situasi menjadi sangat panik, Ibu teman saya menangis sambil terus menerus berdoa. Teman saya sibuk mencari kendaraan untuk membawa sang ayah ke rumah sakit.

Akhirnya, sang ayah dibawa ke rumah sakit, dan mendapat pertolongan. Namun, suasananya sungguh mencekam.

Buat saya, malam itu saya merasa diberi kesempatan untuk belajar dari peristiwa yang dialami orang lain. Saya diberi kesempatan untuk ikut mengalami panik, takut, dengan “resiko” yang relatif lebih kecil.

Contoh lain.

Bulan lalu, ada sebuah kejadian yang cukup menggemparkan di Jakarta. Sebuah mobil menabrak sekelompok pejalan kaki. 12 orang meninggal. Setelah diselidiki, ternyata si pengemudi kedapatan menggunakan obat-obatan terlarang.

Saya bukan pengguna obat terlarang. Tapi saya adalah pengendara mobil. Dari peristiwa itu, paling tidak saya belajar untuk lebih berhati-hati ketika mengendarai mobil. Tidak mudah terpancing untuk kebut-kebuta, tidak memaksa menyetir ketika ngantuk.

Dua peristiwa itu adalah contoh, bagaimana belajar dari pengalaman orang lain, adalah sungguh sebuah kemewahan.

Selamat belajar!

No comments yet

Leave a Reply

