Balikpapan hari ini

Awal bulan ini, saya kembali berkesempatan untuk mengunjungi balikpapan.

Buat saya, Balikpapan adalah satu diantara beberapa kota yang saya sempat tinggali dalam durasi yang cukup lama. Saya pernah tinggal di kota ini selama hampir 6 tahun. Durasi yang hanya bisa ditandingi oleh Muntilan, kota kelahiran sekaligus kota tempat saya menghabiskan masa kecil sampai dengan SMA.

Jadi, tak berlebihan kalau pulang ke balikpapan rasanya hampir seperti pulang ke kampung halaman. Setiap berkunjung ke sini, saya selalu menyempatkan diri untuk muter-muter balikpapan, baik dengan angkot ataupun motor/mobil pinjaman dari teman-teman.

Tahun ini, banyak yang berubah. Bangunan baru di bandar sepinggan, beberapa gedung baru di jalan jend. sudirman, tempat2 makan baru dan tentunya jumlah kendaraan pribadi yang rasanya semakin banyak saja..

Untuk kunjungan kali ini, saya menginap di hotel blue sky. Hotel ini masih survive di tengah persaingan hotel yang nampaknya semakin menggila. Suasana Interior dan area publik banyak disegarkan. Makanan tetap menjadi unggulan. Hargapun tetap kompetitif. Saya masih ingat, hampir 12 tahun lalu, saya tinggal di hotel ini, ketika pertama kali tiba di Balikpapan. KFC (Kentucky Fried Chicken) di  samping blue sky masih saja ramai pengunjung, persis seperti 12 tahun lalu. Toko Central juga masih bertahan, walaupun (barangkali) semakin tertatih menghadapi toko-toko besar yang baru bermunculan di daerah itu.

Angkot masih banyak beroprasi. Tarif jauh dekat, sekarang menjadi 3500 per trip.Walaupun sejauh ini, saya belum ketemu dengan angkot yang dilengkapi full sound system dan tv lcd, seperti kunjungan terakhir saya ke kota ini di penghujung tahun lalu.

Pepes patin solo baru di kebun sayur juga masih enak. Harga per porsinya 35 ribu, sudah lengkap dengan minum, nasi, dan sayur. Jus kacang ijo di kedai baso sapi juga masih ngangenin, harganya pun terjangkau, 9 ribu rupiah saja.

Ah, saya jadi tak sabar ingin segera weekend. Supaya lebih banyak waktu mengunjungi tempat-tempat yang dulu sering saya datangi. Mengunjungi sepenggal masa lalu saya..

1 comment so far

  1. Tiva on

    Salam kenal dari Balikpapan..


Leave a Reply

