Tuhan tidak tidur, setan juga (?)

Tujuh, atau bahkan hampir delapan tahun yang lalu, saya mem-post kutipan singkat disini.

Kutipan itu memang sangat sering dipakai. Dalam bahasa Indonesia, kutipan itu kemudian diterjemahkan menjadi: Tuhan tidak tidur..

Biasanya, kutipan itu dipakai untuk memotivasi (diri sendiri dan orang lain) untuk tidak usah terlampau khawatir. Karena walaupun keadaan yang dialami tidak sesuai harapan, masih ada sosok Tuhan yang tidak pernah tidur, yang pada akhirnya akan memberi sesuai dengan yang kita butuhkan…

Dalam perkembangannya, saya mengalami interpretasi berbeda dari kutipan itu, untuk keadaan yang juga berbeda.

Tuhan tidak tidur, setan juga (?)

Buat saya kutipan  yang ini menarik. Karena kadang kita saya, setelah berbuat baik sebentar, atau alim sebentar, kemudian  suka sok merasa bahwa kita saya sudah OK banget di mata Tuhan.

Padahal, sejurus kemudian kita begitu mudah terjerumus (lagi) ke lubang dosa yang penuh dengan kenistaan terdalam.

Intinya, waspadalah, walopun Tuhan tak tidur, setanpun demikian halnya.

 

No comments yet

Leave a Reply

