“Nyalakan Kelasmu”

Hari minggu lalu, seperti sudah saya ceritakan sebelumnya, saya menjadi narasumber untuk acara kursus persiapan pernikahan. 

Saya membawakan materi ekonomi rumah tangga. Peserta yang terdaftar cukup banyak, 58 orang. Terdiri dari 27 pasangan dan 4 orang yang datang sendirian (tanpa pasangan) karena pasangannya tidak tinggal di Balikpapan.

Sejak diminta untuk mengisi sesi ini, saya langsung bersegera  mempersiapkan slide presentasinya. Entah sudah berapa belas kali, saya meng-edit dan menyempurnakan slide tersebut. Cukup ribet memang, tapi menyenangkan. Walaupun saya cukup familiar dengan materi yang akan disampaikan, tapi saya ingin agar teman-teman yang hadir di sesi itu, bisa dengan mudah mencerna penyampaian saya.

Sayapun sibuk mengingat-ingat pengalaman saya mengikuti berbagai kelas/sesi pelatihan/seminar/talkshow dan sejenisnya. Saya berusaha mengadopsi hal-hal baik yang pernah saya alami di acara-acara tersebut.

Beberapa hari sebelumnya, saya juga membeli beberapa bungkus coklat yang akan saya gunakan sebagai ice-breaker. Tak lupa, saya juga merancang semacam kuis kecil-kecilan yang (mudah-mudahan) bisa membuat suasana kelas menjadi lebih hidup.

Waktu sepanjang hampir 2 jam, berlalu dengan begitu cepat. Untung saja, semua slide bisa disampaikan. Banyak hal yang saya pelajari hari itu. Bahwa ternyata ngomong terus itu membuat haus. Bahwa melibatkan seluruh kelas itu esensial untuk kesuksesan penyampaian materi. Bahwa dengan menyampaikan materi / mengajar, ternyata kita saya bisa sambil belajar, bahkan tentang materi yang disampaikan itu sendiri.

Saya jadi ingat seorang kakak kelas, kami juga berteman di facebook. Beliau ini dulunya guru, dan sekarang menjadi trainer untuk para guru. Beliau punya materi training bertajuk “nyalakan kelasmu”. Selain soal kompetensi keilmuan, barangkali, menyalakan kelas adalah tantangan yang tak kalah penting bagi pengajar dan yang diajar.

Bulan-bulan depan, kalau lancar, akan ada beberapa sesi yang bisa saya gunakan untuk menambah jam terbang. Materi yang akan di sharingkan pun berbeda dengan materi kemarin. Mudah-mudahan lancar.🙂

No comments yet

Leave a Reply

