Buku Harian Penari Balet

Ketika saya masih SD (yaa.. sekitar 20 25-30 taun yang lalu), keluarga kami berlangganan majalah Bobo.

gambar diambil dari  https://dewipuspasari.wordpress.com/2014/07/16/komik-sisipan-buku-harian-penari-balet/

 

Selain akrab dengan Bobo, Upik, Coreng, Paman Gembul, Nirmala, Oki, Bona, Rong-rong, Juwita, Si Sirik dan Pak Janggut, saya juga masih ingat sebuah cerita bersambung yang dimuat di majalah Bobo.  Crita itu berjudul “Buku Harian Penari Balet”.

 

Buku Harian Penari Balet berkisah tentang 2 orang anak perempuan yang sedang belajar balet. Sebut saja namanya A dan B. Si A sangat berbakat dan berprestasi. Sedangkan si B, bakat dan prestasinya tidak sebagus si A.

Suatu ketika, si B menemukan sebuah buku tulis ajaib. Kenapa ajaib? Karena setiap hal yang ditulis di buku ini, akan terwujud pada keesokan harinya. Singkat cerita, setiap hari si B menuliskan keinginannya di buku itu. Dan keesokan harinya, smua keinginannya yang ditulis di buku itu, akan mewujud.

Layaknya anak-anak, saya pun segera tertarik dan berkhayal untuk punya buku semacam itu…🙂

Dalam konteks yang tidak sama persis, ketika SMA, saya pernah berkesempatan untuk mengikuti acara “retret panggilan”.

Ini adalah semacam sesi di akhir pekan, untuk menggali, mengenali dan kemudian merancang rencana-rencana hidup untuk masa yang akan datang.

Sebelum retret, kami juga sempat mengikuti program Live in. Kala itu, saya mendapat jatah untuk menyamar, menjadi pekerja pada seorang juragan pengepul sampah plastik di daerah Solo, selama 5 hari.

Setelah sesi-sesi itu, sayapun iseng-iseng menuliskan rencana-rencana hidup saya, setelah lulus SMA, lengkap dengan timeline-nya.. Ketika menuliskan rencana-rencana  itu, sempat terbersit sebuah harapan, bahwa saya bisa mengalami keajaiban ala crita buku harian si penari balet…

10 tahun setelah lulus SMA, saya kembali mereviu apa yang pernah saya tulis /rencanakan dulu. Ada yang terwujud, ada yang tidak, ada juga yang belum.

Kala itu, sayapun kembali menuliskan-ulang rencana-rencana saya. Walaupun kali ini tidak menuliskannya pada sebuah buku, melainkan pada sebuah file MS Word..🙂

7 tahun berselang, saya kembali mereviu apa yang pernah saya tulis. Lagi-lagi, Ada rencana yang terwujud, ada yang tidak terwujud dan ada juga yang belum.

Dan sayapun kembali mem-fine tuning rencana-rencana saya.

Minggu-minggu ini, saya tengah memfinalisasi materi pelatihan singkat, yang akan diberikan kepada siswa/i di beberapa SMA/K di sekitar Balikpapan.

Dalam materi itu, saya menyelipkan sesi latihan untuk ber-refleksi tentang apa yang sudah dilewati, dan kemudian menuliskan rencana hidup 15 tahun kedepan.

Seorang teman menyebutnya “menyusun blue print”. Mudah-mudahan latihan itu bermanfaat.

 

Oiya, kalau anda tinggal di Balikpapan dan sekitarnya, saat ini kami secara teratur mengadakan sesi pelatihan singkat (4 jam) tentang kewirausahaan untuk siswa SMA/SMK atau yang berusia 17-25 tahun.

Setiap sesi bisa diikuti minimal 12 orang, maksimal 16 orang  peserta, tanpa dipungut biaya apapun. Cukup disediakan ruang kelas dan peserta, maka kami akan datang.🙂

Silakan kontak saya di indrasoeharto at yahoo dot com atau di twitter @indsoe untuk ngobrol lebih lanjut.

 

keterangan gambar: gambar diambil dari
https://dewipuspasari.wordpress.com/2014/07/16/komik-sisipan-buku-harian-penari-balet/

 

2 comments so far

  1. kembangbakung on

    wow, keren. semoga kursus kewirausahaanmu semakin berkembang🙂

    • indralogy on

      aminnn!🙂


Leave a Reply

