Bulan ini, 8 tahun yang lalu…

Bulan Juni tahun 2007, 8 tahun yang lalu, blog ini lahir.

Sejak saat itu pula, saya menggunakan blog ini untuk ‘mencatat yang lewat’ di kepala saya.

Tentu saja, tidak semua yang lewat, saya tulis. Bagaimanapun, blog ini bukan diary bergembok yang bisa sembarang ditulisi apapun. :)

 

Selama 8 tahun ini, semangat saya untuk menulis, seperti sudah diduga, mengalami pasang surut.

Di tahun pertama, tahun 2007, saya mampu menulis 29 posting. Tahun 2007 ini pulalah yang menjadi tahun paling produktif bagi saya untuk menulis di blog ini.

Tahun-tahun selanjutnya, grafiknya hampir selalu menurun. Tahun 2008 saya masih mampu menulis 20 posting, sementara tahun 2009, semakin menyusut menjadi 14 posting saja.

Tahun 2010 sampai dengan tahun 2014 adalah tahun-tahun tersuram dalam sejarah blog ini. Tiap tahun, saya hanya menulis 3 atau 4 posting. Bahkan di tahun 2013, saya cuma menulis 1 posting.

Alasan untuk ketidakproduktifan ini tentu beragam, yang paling mungkin dikambinghitamkan adalah muncul dan mengganasnya media-media sosial terutama twitter, yang sudah berhasil memaksa saya untuk berpuas diri dengan menulis mencuit  tak lebih dari 140 karakter saja.

Tahun ini, tahun 2015, situasinya agak lumayan membaik.

Nampaknya saya mulai insyaf dan agak berpaling dari twitter.

Sayapun kembali agak sering menulis di blog ini.

Sampai dengan bulan ini, saya sudah menulis 14 posting (15 posting bila posting ini ikut dihitung).

Satu hal yang masih sama, saya selalu merasa otak saya menghangat ketika saya menulis. Menyenangkan.

Selamat ulang tahun indralogy.wordpress.com!

No comments yet

Leave a Reply

