Mari Menanam

Beberapa minggu setelah pindah ke Balikpapan dari Jakarta, kami membeli 5 buah pot besar berisi tanaman dan 1 pot kecil untuk anggrek. Biayanya tidak murah, 600 ribu rupiah.

Waktu itu, kami berencana untuk menaruh pot-pot di teras rumah, supaya terlihat lebih hijau. Saya memang penikmat tanaman. Walaupun memang sebatas penikmat saja, karena saya miskin rekam jejak sebagai penanam.

10 bulan pertama, tanaman-tanaman itu tumbuh dengan baik. Memang, ada 1 tanaman yang sempat layu karena diserang serangga dan semut, tapi kemudian bisa ‘dihidupkan’ kembali.

 

Memasuki setahun, kemarau panjang dan kealpaan menyiram karena liburan panjang membuat 4 tanaman mati. Matahari yang terik, serangan serangga serta semut, membuat mereka tak mampu lagi bertahan. Yang tersisa tinggal anggrek dalam 1 pot kecil dan 1 rumpun ‘lidah mertua’.

 

November ini, musim hujan mulai datang. Matahari juga tak sesengit sebelum-sebelumnya. Terpengaruh oleh seorang teman di kantor yang membawa bibit choi-sim, terbersitlah niat untuk juga menanam choi sim di depan rumah. Kali ini saya enggan mengeluarkan uang sebagaimana sebelumnya. Saya berniat untuk mulai belajar tanam-menanam ini dengan biaya sekecil mungkin.

 

Ketika menceritakan ide ini ke anak-anak, mereka ternyata sangat senang. Rencananya, pot-pot itu akan dinamai dengan nama mereka masing-masing, dan mereka sudah siap untuk menyiraminya setiap hari.

 

Untuk pot, kami memakai botol bekas air mineral ukuran 1500ml. Botolnya dipotong menjadi 2 bagian, dan bisa digunakan menjadi 2 pot tanaman.

Untuk media tanam, kami memakai kompos. Kebetulan, di kantor terdapat “rumah kompos” yang mengelola dan mengubah sampah organik menjadi kompos. Karyawan boleh mengambil kompos ini secara gratis, 10 kg per bulan per karyawan.

Untuk bibit, saya meminta dari teman kantor yang kebetulan punya bibit..🙂

 

Walaupun sejauh ini saya bukanlah sosok yang “bertangan hangat” untuk urusan tanam-menanam, mudah2an kali ini tanaman2 yang akan kami tanam mampu bertahan lebih lama..🙂

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: