Makanan kita: untuk si lidah atau untuk sang usus?

Sejak kecil, saya tidak terlalu suka makan sayur, apalagi buah.

Untuk sayur, paling pol saya hanya makan wortel yang ada di sup. Kalau buah, saya baru mulai makan nanas, melon dan semangka, setelah saya berusia remaja..

Seiring dengan bertambahnya usia, saya lebih membuka diri kepada sayur dan buah.

Walaupun tetap saja, saya masih ‘picky’.. tidak banyak jenis sayur dan buah yang saya sukai.

Sekitar 6 atau 7 tahun terakhir, saya sangat menggemari salad sayuran.

Salad kesukaan saya adalah caesar salad, berisi selada dan saus, terkadang ditaburi keju dan dilengkapi irisan  ayam atau salmon sebagai toppingnya..   

Ketika menyantap salad, saya merasa bahwa usus saya bersorak kegirangan, sebaliknya, lidah saya (awalnya) terlihat tidak terlalu menikmati si salad ini.

Saya berpikir, sepanjang hidup saya, dalam memilih makanan, saya terlalu sering membahagiakan lidah, tanpa peduli apakah usus akan bahagia juga atau tidak.

Ketika menyantap daging misalnya. Rasa daging yang gurih dan nikmat tentu akan memanjakan si lidah. Tapi, saya yakin, usus tidak terlalu happy dengan kehadiran si daging ini.

Pertambahan usia, membuat organ-organ tubuh juga semakin menua. Sudah selayaknya kita saya memastikan bahwa tak melulu lidah, namun ususpun juga harus bahagia dengan apapun yang saya santap.

Selamat menyantap, dan selamat membahagiakan lidah dan usus kita.  

 

*ilustrasi foto diambil dari foodnetwork.com  

2 comments so far

  1. kembangbakung on

    … Pizza e Bira’s Caesar is one of our favorite, rite?🙂

    • indralogy on

      yesss! :)))


Leave a Reply

