Kopi Susu Vanlith Muntilan

vanlithHari-hari ini, 22 (iya, duapuluh dua) tahun yang lalu, saya cukup disibukkan dengan Ujian Akhir SMP. Seingat saya, walaupun cukup bikin deg-degan, persiapan dan suasananya tidaklah mencekam.

Singkat kata, saya dinyatakan lulus dan harus mencari SMA. Awalnya, saya sempat berencana untuk melanjutkan SMA Negeri di Jogja, sama seperti kakak saya yang SMAnya juga di Jogja, walaupun bukan SMA Negeri.

Sayangnya, waktu itu, rata-rata NEM di wilayah Jawa Tengah tidaklah setinggi di Jogja. Alhasil, sayapun jadi tidak kompetitif untuk masuk ke sekolah favorit di Jogja.

Sebagai alternatif, sayapun kemudian berencana mendaftar ke 2 SMA Negeri di Muntilan dan Magelang,  dan mengikuti tes di SMA Pangudi Luhur Vanlith.

Setelah melalui beberapa pertimbangan, akhirnya saya tidak jadi mengembalikan formulir di SMA Negeri, dan diterima di SMA Vanlith. Pertimbangan terpenting memilih SMA Vanlith ini adalah karena lokasinya yang tak jauh dari SMP saya. Berada di jalan yang sama: Jalan Kartini Muntilan.

3 tahun masa SMA saya habiskan di sana. Tinggal di asrama dengan teman-teman yang berasal dari berbagai kota memberi pengalaman yang berbeda.

Berbagai keseruan dan pengalaman-pengalaman manis melebur menjadi satu paket dengan rentetan peristiwa-peristiwa tidak menyenangkan yang bahkan untuk beberapa orang bisa menjadi pengalaman traumatis. Tapi, bukankah memang begitulah hidup? Ada kopi, ada susu, dan ada kopi susu.  Selalu ada hal-hal baik dan buruk yang bisa dijadikan pelajaran.

Kemarin, 17 Mei, diperingati sebagai hari Vanlith.

Semoga SMA Vanlith tetap menjadi tempat belajar hidup bagi siswa/siswi, guru, pendamping dan lingkungan sekitarnya.

 

No comments yet

Leave a Reply

