Merdeka Merayakan Perbedaan

Sudah 2 tahun terakhir ini, saya (kembali) mengikuti upacara 17an.

Setelah saking rajinnya berupacara dari SD sampai SMA, saya memang kemudian bosan berupacara. 

Sepanjang yang saya ingat, sejak kuliah sampai tahun 2014, saya tak pernah lagi mau ikut upacara bendera. Tapi 2 tahun ini berbeda, saya mendadak pengen ikut upacara bendera. Salah satu alasannya, barangkali karena saya merasa perlu menunjukkan sikap mendukung NKRI. NKRI yang bhineka tunggal ika, bukan NKRI yang malah menabukan kebhinekaan.

Singkatnya, bagi saya, ikut upacara bendera ketika 17an adalah cara saya untuk merayakan NKRI, merayakan kebhinekaan, atau seperti tagline kompas.com: merayakan perbedaan.

Merdekaa!

No comments yet

Leave a Reply

