Bulan Penuh Ujian (2): PTK 007

Seminggu setelah menyelesaikan ujian IELTS, saya kembali harus menempuh ujian.

Kali ini nama ujiannya adalah Ujian sertifikasi Pedoman Tata Kerja (PTK) 007 Revisi 3.

Singkatnya, Sertifikasi PTK 007 ini adalah salah satu syarat yang harus dimiliki oleh panitia pengadaan pada KKKS Migas di Indonesia.

Ujian sertifikasi dilakukan di hari Sabtu. 5 hari sebelumnya, dari hari senin sampai jumat, diadakan pelatihan untuk memahami dan mendalami materi yang akan diujikan.

wp_20161130_14_44_27_proSesi pelatihan dan sertifikasi kali ini dilakukan di Bandung. Tidak seperti pelatihan lain, pelatihan sertifikasi PTK 007 ini terkenal cukup menghabiskan energi. Bagaimana tidak, pelatihan dilakukan selama 5 hari berturut2, dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore, dan hampir selalu dilanjutkan lagi pada jam 7 malam sampai jam 9 malam.

 

Energi menjadi semakin terkuras, karena di hari teraKhir, akan dilakukan ujian sertifikasi.

Ujian sertifikasi terdiri dari 4 mata ujian: Pengadaan barang dan jasa – 90 soal, Kepabeanan, Asset dan Supply Chain Management, masing-masing 10 soal.

Untuk lulus sertifikasi, peserta harus mendapatkan nilai 70% di setiap mata ujian. Soalnya semua pilihan ganda, memilih a, b atau c.

Kalau ada mata ujian yang mendapatkan nilai di bawah 70%, artinya, kalau ingin lulus, yang bersangkutan harus mengulang mata ujian tersebut di sesi ujian berikutnya.

Suasana pelatihan menjadi semakin mencekam setelah melihat hasil pre –tes dan post-test. Merujuk ke hasil post-test, ternyata masih banyak yang nilainya di bawah 70%.

Suasana tegang pun tak bisa dihindari, karena berdasarkan statistik, tingkat ketidaklulusan sertifikasi ini terbilang cukup tinggi. Di sebuah batch yang diikuti oleh seorang teman, tingkat ketidaklulusan bisa mencapai 30%.

Sesi pelatihan dan ujian kali ini diikuti oleh 46 peserta dari berbagai KKKS. Kami dibagi menjadi 2 kelas: kelas A dan kelas B. Namun saat ujian sertifikasi, kami kembali digabung.

Hari yang ditunggu tiba.Ujian sertifikasi dilaksanakan. To be or not to be..πŸ™‚

Hasilnya?

Akan dikeluarkan 1 minggu sejak tanggal ujian, alias awal november, bersamaan dengan hasil IELTS.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: