Khawatir atau Percaya

coins

Percaya dan khawatir adalah 2 hal yang seharusnya seperti keping mata uang.

Kalau percaya, seharusnya tidak khawatir Dan sebaliknya, kalau khawatir, biasanya kurang percaya.

Untuk saya, acapkali tidak sesederhana itu duduk persoalannya.

Saya bisa dengan mudah mengklaim bahwa saya sungguh percaya dengan penyelenggaraan ilahi. Saya bisa fasih mengutip bahwa tidak ada sehelai rambutpun yang akan jatuh, tanpa seijin Sang Ilahi. Singkatnya: Providentia Dei Non Valitur..

Namun, sedetik kemudian, saya bisa mendadak begitu khawatir kalau penyelenggaraan ilahi yang saya percayai itu, ternyata tidak cocok dan tidak sejalan dengan keinginan, selera ataupun assessment saya.

Sayapun kemudian sibuk untuk melakukan assessment, mitigasi, risk profiling atau apapun namanya, untuk memastikan bahwa semuanya akan terjadi seperti yang saya ingin dan rencanakan.

Pada kondisi itu, sayapun lalu sibuk membela diri.

Saya akan mengatakan, bahwa saya sama sekali tidak meragukan penyelenggaraan ilahi. Kekhawatiran yang muncul hanyalah semata-mata untuk memastikan bahwa saya memang pantas untuk menerima penyelenggaraan itu..

Barangkali itu sejalan dengan ungkapan terkenal: I’ll do my best and let God do the rest. Barangkali..

Namun, dari yang sudah saya alami, jelaslah kiranya bahwa saya masih harus banyak belajar untuk lebih percaya dan mengurangi khawatir.

Bukankah sudah disampaikan “Siapakah di antara kamu yang karena kekuatirannya dapat menambahkan sehasta saja pada jalan hidupnya”?

Jadi, pilih Khawatir atau pilih Percaya?

 

 

*Credit foto: mtsofan (Creative Commons BY NC SA)

No comments yet

Leave a Reply

