You Act We Help

yawh

Kali ini saya akan bercerita tentang You Act We Help.

Seperti saya tuliskan sebelumnya di sini, tahun ini saya menjadi ‘brand ambassador’ untuk program You Act We Help.

Ini merupakan keterlibatan kedua saya dalam program You Act We Help.

Sebelumnya, di tahun 2015-2016, kegiatan yang saya ajukan berhasil terpilih menjadi salah satu penerima bantuan program You Act We Help.

Kala itu, Kegiatan yang saya ajukan adalah pendampingan dan pelatihan kewirausahaan bagi siswa/i dan alumni SMA/K di Balikpapan dan sekitarnya.

Kembali tentang You Act We Help.

You Act We Help adalah sebuah program tahunan yang diselenggarakan oleh Total Corporate Foundation, sejak tahun 2006.

Seperti tersurat dalam namanya, program ini pada prinsipnya, memberikan bantuan kepada karyawan Total group di seluruh dunia yang terlibat/memiliki “project”/ kegiatan sosial/ kegiatan pemberdayaan masyarakat di sekitar lingkungan tempat tinggalnya.

Para karyawan yang berminat dipersilakan untuk mengajukan ringkasan kegiatan sosial – yang sudah dan akan dilakukan – beserta kebutuhan dana,  kepada Total Corporate Foundation.

Sebagai catatan, kegiatan / employee project ini harus dilakukan bekerja sama dengan lembaga/institusi yang terdaftar sebagai badan hukum. Ini penting karena bila terpilih, dana akan ditransfer ke rekening lembaga/institusi terkait, bukan ke rekening pribadi si karyawan.

Peminat juga kemudian harus melengkapi aplikasi dengan  dokumen-dokumen tambahan, antara lain: akta pendirian, anggaran, visi misi dan lainnya.

Selanjutnya Total Corporate Foundation akan melakukan seleksi terhadap seluruh aplikasi yang masuk, untuk kemudian, proposal kegiatan terpilih akan mendapatkan bantuan finansial untuk melaksanakan kegiatan/project tersebut.

Pagu besaran bantuan yang diberikan adalah 6000 euro untuk kegiatan selama setahun. Besaran dana yang diajukan kepada Total Corporate Foundation tidak boleh melebihi 50% dari dana keseluruhan yang diperlukan. Setelah dinyatakan “menang”, penerima dana juga diharuskan untuk mengirimkan laporan pelaksanaan kegiatan dan penggunaan dana tengah tahun dan akhir tahun.

Di tahun 2015, saat saya mengajukan aplikasi, Jumlah peminat program ini mencapai lebih dari 80 aplikan dari seluruh dunia. Sekitar 40 diantaranya kemudian berhasil mendapatkan bantuan dari Total Corporate Foundation.

Kegiatan/Project yang terpilihpun beragam, mulai dari pendampingan anak, pembuatan ruang kelas, pendampingan remaja, dan banyak lagi lainnya.

Bagi saya, program ini sangat keren, karena program ini menunjukkan keterlibatan perusahaan sekaligus meng-encourage karyawan untuk terlibat dan ‘berbuat sesuatu’ bagi lingkungan di sekitar tempat tinggalnya.

Sejak muka saya acap muncul di blast email kantor untuk mempromosikan program You Act We Help, selain popularitas saya meningkat cukup signifikan, cukup banyak teman kantor yang kemudian bertanya lebih jauh mengenai program ini.

Mudah2an tahun ini, ada aplikan dari Indonesia yang berhasil mendapat bantuan dalam program You Act We Help ini.

Semoga ya.

 

 

Advertisements

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: