Bandeng (merk) Presto

Hari ini, banyak teman yang sudah mulai kembali bekerja, setelah liburan lebaran yang cukup lama.

Kantor yang sempat kosongpun, mulai terisi kembali. Wajah-wajah nampak segar dan ceria usai berlibur dan bertemu dengan keluarga. Jumlah cuti yang terpotong cukup banyak dan saldo tabungan yang tergerus tajam tak perlu terlalu dipersoalkan.

Dari seorang teman, saya mendapat sekotak bandeng “Presto”. Teman saya ini memang pulang ke Semarang. Kota yang dikenal karena lumpia, wingko babat dan tentu saja, bandeng “Presto”.

IMG_20180621_132829

Bandeng Merk Presto – Kemasannya tak banyak berubah sejak puluhan tahun lalu

 

Saya secara khusus menitip pesan ke teman saya ini, untuk membawakan bandeng “Presto”. Bukan sembarang bandeng “presto”, secara khusus saya mewanti-wanti, supaya teman saya membeli bandeng dengan merk “Presto” dan membubuhkan tulisan “yang pertama” di kemasannya.

 

Saya memang punya cerita khusus dengan Bandeng merk Presto – “Yang Pertama”  ini.

Dulu, 30-an tahun yang lalu, saya kerap dioleh-olehi bandeng merk ini.  Ibu saya lalu menggorengnya. Kadang dengan tambahan telur, ataupun digoreng langsung. Rasanya, jangan ditanya, bahkan saya masih mengingatnya sampai puluhan tahun sesudahnya..

Mungkin tak banyak yang tahu, “Presto”  sejatinya adalah sebuah merk dagang.  Karena bandeng ini hadir sebagai pelopor, orangpun lantas menyebut bandeng presto untuk semua produk bandeng duri lunak.

Ini seperti saat orang menyebut “Aqua” untuk air minum dalam kemasan, atau menyebut “Honda” untuk seluruh sepeda motor, atau menyebut “Odol” untuk seluruh pasta gigi.

Walaupun persaingan di kancah perbandengan semakin ketat dengan adanya banyak sekali produk-produk pesaing, mudah-mudahan Bandeng Presto tetap bertahan sampai sedikitnya 30an tahun ke depan. Dengan begitu, anak cucu saya kelak tidak kesulitan saat menemukan catatan ini, dan ingin mencicipi bandeng kesukaan leluhurnya.. 😀

Selamat Makan 😉

Advertisements

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: